AYAM COLA


Beberapa waktu yang lalu di acara Gula-gula, Chef Bara bikin olahan daging yang dimasak dengan cola...hmmm..look so yummy. Tapi bosen juga kalau menunya daging lagi daging lagi. Inget kalau jaman duluuuuu banget, mbak Yunita owner Pawonomah pernah bikin Ayam Cola. Jadinya intip-intip deh di dapurnya dan resepnya sudah sedikit saya modifikasi.


Penampakan Ayam Cola ini mirip sekali ya dengan Ayam Kecap biasa, tapi rasanya beda lho. Buat yang pengen tau, silahkan disimak resepnya ya. Seperti biasa, sesuai dengan kemampuan yang saya miliki, saya baru bisa masak menu yang simple dan praktis ^_^

AYAM COLA

Bahan:
500 gr ayam, potong sesuai selera
1 bawang bombay iris halus
6 sdm kecap manis
2 gelas cola + 1/2 gelas untuk rendaman
margarin atau minyak sayur untuk menumis

Bumbu Halus:
8 siung bawang putih
garam secukupnya

Cara Membuat:
Cuci bersih ayam, kerat-kerat dan rendam dalam 1/2 gelas air cola, diamkan sejenak
Tumis bumbu halus dan bawang bombay hingga layu dan harum, masukkan kecap manis
Masukkan ayam, aduk hingga merata
Tuang 1 gelas cola, diamkan hingga mendidih dan air menyusut
Setelah air menyusut, tuang kembali 1 gelas cola, diamkan hingga mendidih dan air menyusut kembali
Angkat dan sajikan hangat

Apabila menyukai, setelah air menyusut ayam bisa dioven atau dibakar sebentar ya, tapi kalau tidak juga gak masalah, sudah cukup enak rasanya. Alhamdulillah....anak-anak suka dan lahap makannya. Itu yang paling penting bagi saya... :))

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
Sunday, 4 December 2011 at 13:50:00 GMT+7 delete

Hmmm..looks yummy nih Sis Nina.. masih ada ngga.. ;)

Reply
avatar
Thursday, 14 November 2013 at 04:38:00 GMT+7 delete

Saya sudah coba resep dari Sis Nina ini, enak dan bahannya juga ga susah. Cocok juga buat anak kost. Makasih Sis.
Ada yang bikin saya bingung nih Sis Nina. Kok rasanya ga beda ya sama ayam kecap? Bedanya cuma pas habis makan ayam ini, saya merasa perut saya bergas ... kayak kalo orang habis minum soda.

Reply
avatar
Saturday, 16 November 2013 at 09:31:00 GMT+7 delete

memang mirip dengan ayam kecap mbak, cuma menurut saya ada sensasi lainnya, yaitu legit cola-nya hehehee

Reply
avatar
Friday, 29 May 2015 at 22:59:00 GMT+7 delete

Saya udah nyobain resep ini. Enak dan praktis ya, hehe. Ijin copy resepnya ya Mba.. thanks!

Reply
avatar